~ Inpari 13 Padi Sangat Genjah dan Tahan Wereng Coklat ~


Pustaka Kementerian Pertanian

Hama wereng coklat yang baru-baru ini dilaporkan telah merusak sebagian pertanaman padi di beberapa sentra produksi perlu segera dikendalikan agar tidak mengganggu ketahanan pangan nasional. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah merakit padi tahan hama wereng coklat, dilepas dengan nama Inpari 13. Selain tahan wereng coklat, varietas unggul baru ini berumur sangat genjah, hasil tinggi, dan rasa nasinya enak.

Kebutuhan beras di Indonesia terus meningkat, sementara kendala yang dihadapi petani dalam berproduksi semakin beragam, seperti konversi lahan sawah yang belum sepenuhnya dapat diatasi. Akhir-akhir ini, hama wereng coklat yang menjadi musuh petani pun telah merusak pertanaman padi di beberapa sentra produksi. Untuk melanggengkan ketahanan pangan nasional, hama penting ini perlu dikendalikan dengan seksama. Salah satu alternatif dalam mengendalikan hama wereng coklat adalah menanam varietas tahan dan berumur genjah.

Varietas unggul padi sawah yang berkembang di petani hingga saat ini rata-rata berumur genjah
sampai sedang (110-124 hari). Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah melakukan suatu terobosan dalam perakitan varietas unggul baru, dengan menghasilkan varietas padi sangat genjah dan tahan wereng coklat. Varietas unggul tersebut dilepas pada akhir tahun 2009 dengan nama Inpari 13 (Inpari = Inbrida Padi Irigasi). Varietas unggul baru ini dapat dipanen pada umur 103 hari. Selain sangat genjah dan tahan wereng coklat, Inpari 13 juga berdaya hasil tinggi. Selama
pengujian di beberapa lokasi, varietas unggul baru ini mampu berproduksi 8,0 t/ha dengan rata-rata 6,59 t/ha.

selengkapnya http://pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi/wr326103.pdf

Komentar