Pos Penyuluhan Desa ( PosLuhDes )

Sesuai yang diamanatkan oleh UU NO. 16 Tahun 2006, bahwa organisasi terdepan dan terbawah dalam pelaksanaan Penyuluhan Pertanian berada di tingkat Desa yang disebut dengan POSLUHDES. Untuk itu Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan & Kehutanan (BP3K) Kec. Muara Bulian mempelopori terbentuknya  POSLUHDES di Batang Hari. Dan diharapkan dengan terbentuknya  POSLUHDES ini para petani dan pelaku usaha akan lebih mudah dan lancar dalam mendapatkan informasi pertanian.

Latar Belakang Pembentukan Posluhdes ini adalah
1. UU Nomor. 16 Tahun 2006;
2. Masih lambannya trasper teknologi;
3. Sulitnya merobah perilaku petani dari penerima menjadi pencari informasi dan teknologi baru;
4. Masih lemahnya kiprah penyuluh di tingkat Desa; dan
5. Terlambatnya kemampuan dan waktu.

Tujuan Pembentukan Posluhdes adalah
1. Untuk mempermudah dan memperlancar penyampaian informasi teknologi kepada petani;
2. Agar petani lebih proaktif dalam mencari teknologi dan informasi pertanian secara umum;
3. Untuk merangsang petani / kontak tani dalam berkarya dan menemukan teknologi baru yang merupakan hasil karya petani sendiri.

Fungsi dan Peranan Posluhdes ini
pertama, sebagai corong dan basis pelaksanaan penyuluhan di Desa. Posluhdes merupakan tempat penyampaian informasi, teknologi dan inovasi baru yang akan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik, di sini juga akan ditempelkan lembaran-lembaran yang berisi tentang hasil-hasil penelitian dan temuan-temuan teknologi baru di bidang pertanian.
Sebagai basis kegiatan penyuluhan pertanian di Desa, Posluhdes merupakan pos koordinasi, konsultasi dan singkronisasi seluruh kegiatan yang terkait dengan penyuluhan, seperti yang tertuang dalam UU Nomor 16 Tahun 2006 Tentang SP3K.
Kedua, sebagai sumber informasi dan tempat konsultasi bagi petani / kontak tani. Karena Penyuluh Pertanian Lapangn (PPL) akan selalu berada pada Posluhdes, setelah melakukan kunjungan ke kelompok tani di lapangan.
Ketiga, sebagai ajang tempat berkompetisi, bagi petani/kontak tani yang berprestasi baik melalui tulisan maupun dari hasil temuan teknologi baru yang didapat dari pengalaman atau ide sendiri, diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil karyanya tersebut dan akan dievaluasi setiap tahun oleh penyuluh

Komentar