Rossi Juara di Malaysia, Lorenzo Juara Dunia Baru

Valentino Rossi. REUTERS/Max Rossi 
TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Pembalap Fiat Yamaha, Valentino Rossi, berhasil tempat pertama di MotoGP Malaysia yang digelar di Sirkuit Sepang, Minggu (10/10).

Namun kemenangan juara dunia kelas utama tujuh kali itu tak mampu menghalangi rekan setimnya, Jorgen Lorenzo, untuk menjadi juara dunia baru tahun ini. Lorenzo, yang meraih urutan ketiga di Malaysia, tak terkejar lagi dalam perolehan poin meski balapan masih menyisakan tiga seri lagi.  

Mengawali balapan dari posisi keenaam, Rossi sempat melakukan start buruk sehingga tercecer di urutan ke-11. Namun pembalap asal Italia ini berhasil memperbaiki posisinya di urutan ketiga saat balapan sudah melewati tiga lap. 

Saat itu Rossi hanya tertinggal dari Andrea Dovizioso dan Lorenzo sementara Casey Stoner sudah tersingkir di akhir lap pertama karena terjatuh. Dovizioso akhirnya bisa menyusul Lorenzo di lap kedelapan. Hal ini memancu Rossi untuk terus menggeber morotnya. Semenjak lap kesepuluh Rossi akhirnya bisa mengambil alih jalannya lomba. 

Meski sempat direbut Dovizioso, tapi Rossi akhirnya bisa menguasai balapan lagi hingga menyentuh garis finish dengan catatan waktu 41 menit 3, 448 detik. Dovizioso mengikuti Rossi untuk finish di tempat kedua. Ia tertinggal 0,224 detik dari Rossi. 

Sementara Lorenzo yang tampil tidak terlalu ngotot finish di urutan ketiga untuk memastikan gelar juara dunia. Lorenzo tertinggal enam detik di belakang Rossi saat menyentuh garis finish. Hasil MotoGP Malaysia memastikan Lorenzo tak akan tergeser lagi di puncak klasemen. Sementara pemblap asal Spanyol itu mengumpulkan 313 poin. 

Ia unggul jauh 85 poin dari pembalap Honda, Dani Pedrosa, yang menempati peringkat kedua dengan 228. Sementara Rossi, yang banyak diganggu cedera musim ini, menempati urutan ketiga sementara dengan 181 poin. 

Rossi hanya unggul satu poin dari Stoner yang ada di peringkat keempat dan dua poin dari Dovizioso yang menempati posisi kelima. MotoGP musim ini masih akan menyelesaikan balapan di Australia, Portugal, dan Valencia. 

AUTOSPORT/ARIS M

Komentar